tari kreasi berpasangan Janger

Tari Janger Bali Pementasannya Secara Berpasangan

Diposting pada

Tari Janger, Tari kreasi dari  Bali Pementasannya Secara Berpasangan ~ kkaktrichannel.info berikut ini admin berikan informasi tentang tarian bali yang merupakan sebagai seni dan budaya lokal yang perlu kita lestarikan sebagai keragaman buadaya yang sangat menarik untuk pariwisata dan perekonomian bangsa kita. jika kalian ingin mengetahui berbagai macam tarian atau budaya daerah lainnya bisa kalian lihat dipostingan kami sebelumnya di ciri khas masing-masing daerah di seluruh provinsi di Indonesia.

tari kreasi berpasangan Janger

Siapakah pencipta Tari Janger?

Berdasarkan catatan sejarahnya, pencipta tari janger adalah I Gde Dharna sekitar tahun 1920-an di Bali Utara. Awal kemunculannya, janger ini bukan berupa bentuk tarian, namun dalam bentuk nyanyian para petani.

Apakah Tari Janger berpasangan?

Tari janger merupakan tari berpasangan. Janger adalah tari pergaulan anak remaja Bali. Penari biasanya terdiri dari 10 hingga 16 orang penari secara berpasangan, yaitu kelompok putri yang dinamakan janger dan kelompok putra yang dinamakan kecak. Mereka menari sambil menyanyikan Lagu Janger secara bersahut-sahutan.

Tari Janger apakah termasuk tari kreasi?

Tari Janger termasuk tari kreasi. Janger merupakan tari kreasi yang lebih baru, Janger menggambarkan aktivitas para pekerja yang menghibur diri karena lelah bekerja. Janger termasuk tari balih-balihan, tarian yang memeriahkan upacara maupun hiburan. Karena populernya pada tahun 1060-an janger pementasan mulai  di berbagai kegiatan.

Apa tujuan Tari Janger?

Tujuan utama dari Tari janger adalah sebagai hiburan. Pengkategorian dalam Tari Bali, Janger termasuk Tari Balih-balihan, tarian yang memeriahkan upacara maupun untuk hiburan.

Sebutan penari pria dan wanita pada tari Janger?

Tari janger menampilkan 10 sampai 16 orang pasang penari pria dan wanita. Kelompok penari pria dinamakan kecak dan kelompok penari wanitanya di namakan janger. Mereka bernyanyi dan menari, sambil bersahutan mengucapkan syair kisah-kisah anak muda.

Kisah apa yang ada pada tari Janger?

Kisah yang tertuang dalam tari janger adalah tentang kehidupan petani. Tarian tersebut, menceritakan kehidupan orang Bali yang kuat akan tradisi dan budayanya khususnya di bidang pelestarian seni pertunjukan. Seni Tari Janger tergolong dalam jenis tari kreasi baru Bali yang mengadaptasi dari rutinitas para petani bali sebagai hiburan ketika lelah bekerja.

Apa iringan tari janger?

Iringan untuk tari Janger adalah Gamelan. Iringan musik Tarian ini adalah gamelan batel (tetamburan) yang lengkap dengan sepasang gender. Tari janger kira-kira muncul sekitar tahun 1920 pertama kali di daerah Bali Utara. Asal mula tari janger mulai dari nyanyian bersahut-sahutan orang-orang yang sedang memetik kopi.

Bagaimana gerakan tari Janger?

Gerakan tari janger hasil kreasi dari tari klasik . Gerakannya dari gerakan tari klasik Bali antara lain nayog, ngagem kanan, ngagem kiri, ngeseh bawak, dan nyeloyog. Unsur pencak silat terlihat dari penari laki-laki dalam posisi duduk memberi kesan berbeda pada tarian ini.

Bagaimana tata rias dan busana penari dalam tarian janger?

Tata rias dan Busana penari Janger terbagi menjadi dua peran, penari wanita sebagai Janger dan penari pria  sebagai kecak. Penari janger dan kecak memakai kostum peran untuk tampil dalam lakon yaitu sama dengan topeng, arja, dan baris. Menggunakan busana gelungan janger, badong gelang kanan, sabuk, kain oncer dan ompak-ompak. Serta penari janger menggunakan perlengkapan tambahan seperti kipas .

Tinggalkan Balasan