Modul Ajar

Modul Ajar Informatika Fase E Lengkap

Diposting pada

kkaktrichannel.info ~ Modul Ajar Informatika Fase E lengkap sesuai dengan CP yang telah diatur oleh pemerintah. Berikut ini adalah postingan tentang Modul Ajar untuk fase E yaitu untuk Kelas 10 SMA sederajat di Kurikulum terbaru yaitu Kurikulum Merdeka. Contoh Modul Ajar ini sengaja kami share sebagai bahan referensi bagi Bapak/Ibu guru dalam membuat bahan Modul Ajar untuk mata pelajaran Informatika. contoh Modul Ajar ini adalah sebagai bahan contoh bukan untuk di copy pastekan secara menyeluruh tetapi bisa dikembangkan atau juga hanya sebgai bahan acuan atau referensi dalam membuat bahan ajar atau Modul Ajar sekolah masing- masing.

Modul Ajar

Cara Membuat Modul Ajar Informatika Fase E

Seperti kita ketahui dalam Pembuatan Modul Ajar khususnya Modul Ajar Informatika dalam kurikulum Merdeka ini Bapak?ibu guru dibebaskan dalam mengatur jam belajar dan juga CP mana yang akan diajarkan terlebih dahulu, Prinsipnya dalam membuat Modul ajar Kurikulum Merdeka ini Bapak dan Ibu guru dimerdekakan untuk membuatnya dan dikondisikan dengan peserta didik serta sarana dan Prasarana yang ada di masing-masing sekolah bapak dan Ibu Mengajar.

Salah satu sarana belajar adalah Buku Paket atau Buku Pelajaran, bila Bapak/Ibu membutuhkan Buku Paket Informatika untuk Fase E , Bapak /Ibu dapat mendownloadnya di link berikut : ” Buku Paket Informatika Fase E untuk Guru dan Siswa

Membuat ATP Sebelum Modul Ajar

Sebelum Membuat Modul Ajar khususnya Modul Ajar Informatika, Bapak/Ibu guru dituntut untuk terlebih dahulu membuat TP ” Tujuan Pembelajaran” dalam setiap CP “Capaian Pembelejaran, Kemudian TP yang telah  Bapak/ibu buat kemudian disatukan menjadi ATP ” Alur Tujuan Pembelejaran, barulah Setelah itu Bapak dan Ibu Guru membuat bahan Ajar atau Modul Ajar. jika Bapak/Ibu masih Kesulitan dalam membuat TP atau ATP bapak/ibu guru dapat melihatnya atau mendownload file tentang Contoh ATP di postingan ini ” Contoh ATP Informatika fase E ”

Elemen/Komponen Penting dalam Modul Ajar

Dalam Membuat Modul Ajar Bapak/Ibu guru perlu memperhatikan 3 kompenen penting dalam Modul Ajar, yaitu terdiri dari :

Informasi Umum

Dalam informasi umum terdapat beberapa komponen yaitu; identitas penulis modul, Sarana dan Prasarana, Target peserta didik, Relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan.

Komponen Inti

Dalam komponen inti ini terdapat bebrapa komponen yaitu; Deskripsi singkat projek, Dimensi dan subelemen dari profil pelajar panacasila yang berkaitan,tujuanspesifik untuk fase tersebut, Alur kegiatan projek secara Umum, Asesmen, Pertanyaan pemantik, Pengayaan dan remedial, refleksi peserta didik dan refleksi Guru.

Lampiran

Dalam lampiran terdapat elemen ; Lembar kerja peserta didik, Bahan bacaan pendidik dan peserta didik, Glosarium serta Daftar pustaka

Contoh MA Informatika Fase E

Berikut ini adalah Contoh beberapa Modul Ajar Informatika per CP ” Capaian Pembelajaran” . Silahkan Bapak/ibu guru download atau unduh filenya di link yang tersedia di bawah ini :

  1. Modul Ajar Berpikir Komputasional ( Download )
  2. Modul Ajar Teknologi Informasi dan Komputer ( Download )
  3. MA Sistem Komputer ( Download )
  4. MA Jaringan Komputer ( Download )
  5. Modul Ajar Analisis Data ( Download )
  6. Modul Ajar Algoritma Pemprograman ( Download )
  7. MA Dampak Sosial Informatika ( Download )
  8. MA Praktik Lintas Bidang ( Download )

Demikianlah informasi atau share tentang Modul Ajar Informatika. Semoga bermanfaat dan kami ucapakan terima kasih telah berkunjung di web/blog kami, apabila ada saran dan kritik hubungi kami atau beri komentar di postingan ini.

Tinggalkan Balasan